5 Fitur Keselamatan di Mobil yang Harus Diperhatikan

5 Fitur Keselamatan di Mobil yang Harus Diperhatikan
5 Fitur Keselamatan di Mobil yang Harus Diperhatikan

Berkendara untuk menuju ke suatu tempat tentunya harus punya keamanan dan kenyamanan yang terjamin. Mobil dengan kelengkapan fitur keselamatannya bisa memberikan semua itu. Fitur keselamatan di mobil harus diperhatikan atau dipastikan agar perjalanan semakin tenang. Anda bisa memeriksa beberapa hal dari 5 fitur keselamatan yang dimaksud.

1. Airbags
Tahukah Anda bahwa airbags juga termasuk fitur keselamatan? Airbags ini adalah bantal udara yang bisa mengembang otomatis ketika terjadi benturan yang cukup keras ke mobil. Airbags ini terletak di dashboard bagian samping kursi baris pertama serta pada bagian pintu mobil. Fungsinya melindungi data, leher, serta kepala, jika memang terjadi kecelakaan.

Meskipun fungsinya yang penting tersebut, tidak semua mobil mempunyai fitur airbags ini. Sayang sekali bukan? Oleh karena itu, Anda bisa mempersiapkan untuk membeli mobil dengan airbags jika memang belum punya mobil. Apabila sudah mempunyai mobil, maka konsultasikan untuk pemberian airbags ini.

2. Three Point Seatbelts
Keamanan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Three Point Seatbelts atau sabuk pengaman dalam mobil ini mampu melindungi seluruh penumpang dan pengemudi dari gerakan yang berbahaya akibat kecelakaan. Penggunaan sabuk pengaman ini juga mencegah terlemparnya penumpang ke luar mobil jika terjadi kecelakaan.

3. Electronic Stability Control
Fitur Electronic Stability Control juga mempunyai fungsi penting yang wajib ada di setiap mobil. Fitur ini mampu mendeteksi secara otomatis kepada pengemudi jika terdapat sesuatu yang tidak wajar pada mobil.

Sebagai contoh, Anda sedang mengemudikan mobil dan seketika kehilangan kontrol, maka fitur ini membantu untuk mengerem mobil. Sangat berguna bagi para pengemudi terutama bagi pengemudi yang sering lalai dalam hal memperhatikan keselamatan diri selama berkendara.

4. Crumple Zones
Fitur ini merupakan salah satu konstruksi yang berada di bagian samping, depan, serta belakang mobil. Jika terdapat benturan keras ketika kecelakaan, maka crumple zones ini menyerap gaya kinetik, sehingga penumpang dan pengemudi tidak sampai terluka parah karenanya.

5. Anti-Lock Braking System serta Traction Control System
Fitur keselamatan yang terakhir adalah Anti-Lock Braking System serta zfitu yang keduanya berfungsi untuk mengatur pengereman. Dalam sistem kerjanya, fitur ini mencegah terkuncinya roda saat terdapat pengereman mendadak. Dengan fitur ini, tentu Anda tak perlu cemas jika ada binatang yang melintas tiba-tiba, mobil lain yang mengerem mendadak, dsb.

Keseluruhan fitur keselamatan tersebut harus ada dalam mobil dan setiap saat harus diperhatikan kondisinya sebelum berkendara. Tujuannya agar Anda bisa berkendara dengan aman, nyaman, dan bisa selamat sampai tujuan. 5 fitur keselamatan di mobil tersebut bisa menjadi panduan Anda untuk memberikan perjalanan yang tenang dan menyenangkan.