Rakotzbrucke, Jembatan Setan yang Menawan dan Sarat Legenda

Rakotzbrucke, Jembatan Setan yang Menawan dan Sarat Legenda

Rakotzbrucke, Jembatan Setan yang Menawan dan Sarat Legenda

Mendengar kata Jembatan Setan, yang terbayang di benak Anda pastilah jembatan angker yang menyeramkan. Eit! Sabar dulu. Jembatan yang satu ini tidak seperti itu, lho! Meski dikenal dengan nama seramnya, jembatan ini justru sangat indah. Anda seperti dibawa ke salah satu scene dalam flim Hollywood tempo dulu.

Legenda Rakotzbrucke
Jadi apa sih sebenarnya Jembatan Setan ini dan dari mana julukan tersebut berasal? Well, Menurut cerita, jembatan Rakotzbrucke adalah jembatan yang dibangun berdasarkan perjanjian dengan iblis. Pembangunnya membuat kesepakatan bahwa iblis harus membangun jembatan tersebut dan sebagai imbalan nyawa manusia pertama yang melewatinya harus menjadi tumbal.

Namun, pembangun mengelabui sang iblis ketika jembatan telah selesai. Bukannya membiarkan manusia lewat, dia malah menyuruh seekor anjing untuk menyeberang pertama kali. Pada akhirnya, karena perjanjian yang dilanggar, nyawa si pembangunlah yang jadi korban.

Struktur dan Penampilan Jembatan
Menariknya lagi, Jembatan ini terbuat dari batu nisan dan batu basal. Sebagian besar batu penyusun jembatan yang berada di Jerman ini berasal dari pertambangan di Sachsischen Schweiz, Saxony, Jerman. Beberapa batu juga memiliki asal-usul yang sangat jauh yakni dari Skandinavia.

Penampakan jembatan ini sungguh aneh. Strukturnya melengkung halus dan membentang di atas Perairan Rokotzsee. Lengkungannya tinggi dan tidak biasanya. Jika direfleksikan dengan air di bawahnya, jembatan ini akan menciptakan ilusi optik berupa lingkaran sempurna yang sangat indah dengan pemandangan di sekitarnya.

Melihat dari bentuknya, tampaknya jembatan ini dibangun tak hanya dimaksudkan sebagai tempat penyeberangan saja melainkan sebagai bentuk apresiasi keindahan. Estetika jembatan dianggap lebih tinggi dibanding kegunaannya yang hanya sebagai media penyeberangan. Tapi, tentu saja tidak mengindahkan keselamatan orang yang akan melintasinya.

Jika Anda berniat melihat jembatan ini, Anda bisa pergi ke Taman Kromlauer, Jerman. Jembatan ini mudah diketahui karena penampilannya agak berbeda dengan sekelilingnya karena jembatan ini adalah sedikit dari bagian taman yang tak menggunakan bahan lokal sebagai material utama dalam pembangunannya. Menarik dan dijamin mencolok.

Sayangnya, kini Anda tak bisa lagi menggunakan jembatan ini sebagai alat penyeberangan. Menyeberang menggunakannya sudah dilarang sejak bertahun-tahun untuk menjaga kelestariannya. Tapi, Anda tetap bisa merasakan aura Eropa abad pertengahan hanya dengan memandangnya saja, kok!

Meski tak bisa digunakan sebagai alat penyeberangan seperti sebagaimana ia semestinya digunakan, bukan berarti Anda tak bisa menikmati indahnya Jembatan Setan yang tak bisa Anda temukan di lain tempat ini. Anda tetap bisa melihatnya dari jauh dan berfoto ria. Jika ingin pemandangan yang paling menakjubkan, datang saja ketika musim semi. Pohon di taman dan jembatan bersatu dengan sempurna.