Tips Mengatasi Kebosanan Saat Macet


Tips Mengatasi Kebosanan Saat Macet – Saat ini, macet sudah menjadi hal yang lumrah terjadi di kota-kota besar. Tingginya tingkat pemakaian kendaraan bermotor merupakan faktor pendukung meningkatnya kemacetan. Selama terjebak dan menunggu terurainya kemacetan, rasa bosan pun sering kali melanda. Hingga akhirnya mulut pun berhenti menggerutu dan mengomeli kemacetan.

Tips Mengatasi Kebosanan Saat Macet

Akan tetapi, meratapi kemacetan tidak akan menyelesaikan masalah. Hal itu hanya akan menambah kekesalan dalam hati saja. Sebagai salah satu penyumbang kemacetan jalan raya, kini saatnya untuk lebih menikmati kemacetan itu sendiri. Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa bosan yang melanda saat terjebak macet. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Mendengarkan Musik
Saat bosan mulai melanda, salah satu tips mengatasi kebosanan yang paling jitu adalah dengan mendengarkan musik. Selain mengatasi kebosanan, musik juga bisa meningkatkan konsentrasi saat berkendara. Oleh karena itu, jika sudah sering terjebak kemacetan baik saat pergi atau pulang bekerja, siapkan daftar lagu favorit yang bisa digunakan untuk meningkatkan mood selama perjalanan. Anda juga bisa sekalian ikut berdendang membunuh rasa bosan.

Makan Makanan Ringan
Salah satu teman terbaik untuk mendengarkan musik adalah menikmati camilan atau makanan ringan. Selain sebagai pembunuh rasa bosan, makanan ringan juga bisa membantu menahan rasa lapar karena lamanya perjalanan. Dengan mengisi perut juga bisa sedikit meredam amarah yang timbul karena stres melihat antrian panjang kendaraan yang tidak mengalami pergerakan dalam waktu lama.

Mengobrol dengan Teman atau Kerabat
Tips mengatasi kebosanan saat macet lainnya adalah dengan mencari teman untuk mengobrol. Apalagi jika dalam satu kendaraan dinaiki lebih dari satu orang. Akan banyak teman untuk berbagi cerita demi membunuh waktu. Kemacetan yang berlangsung hingga berjam-jam pun tidak akan terasa panjang dan membosankan lagi.

Akan tetapi, jika berkendara sendiri, Anda bisa menghubungi teman atau kerabat untuk menjadi teman mengobrol. Mengobrol bisa meredakan semua emosi negatif yang terpendam karena terjebak kemacetan. Hanya saja perlu diingat, menelepon saat berkendara itu sangat berbahaya sehingga harus lebih berhati-hati lagi dalam berkendara dan melakukan panggilan. Jika kemacetan sudah mulai terurai ada baiknya panggilan segera diakhiri.

Mendengarkan Audio Book
Membaca buku bisa menjadi salah satu cara untuk membunuh kebosanan. Sayangnya, ketika hal itu dilakukan saat berkendara justru akan membahayakan. Tapi bagi Anda yang masih ingin membaca buku saat berkendara, kini ada solusinya. Anda bisa mendengarkan sebuah audio book sembari berkendara atau menunggu di tengah kemacetan. Tips mengatasi kebosanan ini sangat cocok bagi orang-orang yang sangat menyukai buku.

Mencari Jalan Alternatif
Jika semua hal di atas sudah dilakukan namun masih merasa bosan juga, maka Anda perlu mencari jalan alternatif supaya bisa cepat sampai di tujuan. Di samping jalan raya besar yang dipenuhi sesak oleh kendaraan, ada banyak jalan tikus yang sebenarnya bisa diambil sebagai jalur alternatif berkendara. Jalan ini memang lebih kecil dari jalan utama akan tetapi dari pada harus terjebak berjam-jam di tempat yang sama, mengambil jalan kecil masih lebih bermanfaat dan bisa menyelamatkan waktu yang terbuang di jalanan.

Demikianlah beberapa tips mengatasi kebosanan ketika sedang terjebak macet di jalan raya. Jangan jadikan kemacetan sebagai alasan untuk terus menggerutu dan menyalahkan keadaan. Selalu berpikir positif ketika menghadapi segala kesulitan, termasuk kemacetan, supaya menjalankannya pun terasa lebih ringan.